Rabu, 17 Maret 2010

Sihir Messi Ganyang Stuttgart!


Lionel Messi
(yahoosports.com)

INILAH.COM, Barcelona - Tersihir oleh tuah Lionel Messi, Stuttgart tak mampu berbuat banyak pada leg kedua 16 besar di Camp Nou. Barcelona pun unggul telak mencetak empat gol tanpa balas.

Josep Guardiola memasang trio Thierry Henry, Lionel Messi, dan Pedro Rodriguez di lini depan, sementara Zlatan Ibrahimovic duduk di bangku cadangan.

Permainan cepat yang diperagakan Barca tak mampu diimbangi para pemain Stuttgart, yang terlihat kurang percaya diri dalam melepaskan umpan. Alhasil, jalannya pertandingan mutlak didominasi tuan rumah.

Henry langsung mengancam gawang Stuttgart pada menit kedua, namun tendangannya masih dapat ditepis Jens Lehmann. Sementara upaya Pedro masih melebar di samping tiang gawang.

Tak butuh waktu lama, Messi mencetak gol pembuka pada menit ke 13. Menerima bola di tengah lapangan, Leo menggiring bola hingga ke depan kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras ke pojok kanan atas gawang Jens Lehmann. 1-0 untuk Barcelona.

Delapan menit kemudian, Barca menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan Pedro.

Gol Pedrito memungkasi kerja sama tim yang cantik. Diawali umpan terobosan Messi kepada Yaya Toure di dalam kotak penalti lawan, Toure lalu melepaskan umpan silang datar yang diakhiri sontekan Pedrito.

Barcelona unggul 2-0, menambah agregat menjadi 3-1 di babak pertama.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Barcelona kembali membuka peluang. Messi yang menusuk ke dalam kotak penalti memberikan umpan kepada Toure yang datang dari lini kedua. Tendangan keras menyusur tanah Toure masih melebar di samping tiang gawang Lehmann.

Barcelona akhirnya memperbesar keunggulan setelah 15 menit babak kedua berjalan, kembali melalui Messi.

Menerima umpan backheel Daniel Alves, Messi yang membelakangi gawang Stuttgart di depan kotak penalti sempat memutar badan sebelum melepaskan tendangan keras yang tak mampu diantisipasi Lehmann. 3-0 untuk Barcelona.

Barcelona menarik Sergi Busquets yang cedera untuk digantikan oleh Zlatan Ibrahimovic pada menit ke 66. Dengan demikian, ada empat orang penyerang yang dipasang Blaugrana.

Tertinggal tiga gol, tak banyak yang bisa dilakukan Stuttgart. Timo Gebhart yang masuk menggantikan Stefano Celozzi dan Cipriani Marica yang menggantikan Pavel Pogrebnyak tidak mampu menghadirkan perubahan. Tak satupun peluang tercipta bagi Stuttgart di babak kedua ini.

Unggul telak, Guardiola mencoba memberikan kesempatan Gabriel Milito yang jarang diturunkan. Bek asal Argentina itu masuk pada menit 78 menggantikan Henry.

Pergantian terakhir dilakukan Barcelona pada menit 88. Bojan Krkic masuk menggantikan Andres Iniesta. Hanya butuh waktu satu menit bagi Krkic untuk menggetarkan jala Stuttgart.

Berawal dari serangan balik, Ibra melepaskan umpan terobosan kepada Krkic, yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Lehman. Tanpa kesulitan, Krkic melesakkan bola ke arah tiang jauh. Barca unggul 4-0 dan bertahan hingga akhir.

Barca lolos ke babak perempatfinal dengan agregat 5-1.

Sepanjang 90 menit laga berlangsung, tuan rumah unggul dalam penguasaan bola 60:40, serta melepaskan 15 tembakan dimana sembilan diantaranya membahayakan gawang Lehmann. Sementara Stuttgart hanya mampu melepaskan dua tembakan yang tak membahayakan gawang Victor Valdes.

Pada laga lainnya, Bordeaux merebut tiket terakhir ke perempatfinal dengan mengalahkan Olympiakos Piraeus 2-1. Yoan Gourcuff membawa Bordeaux unggul sebelum dibalas Konstantinos Mitroglou. Gol Marouane Chamakh pada menit 88 akhirnya meloloskan Bordeaux dengan agregat 3-1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar